9/25/09

mulai memahami.. IKHLAS..


beberapa jam yang lalu, saya update status yg berisi "Ikhlas.." kaka saya bertanya, "ikhlas itu apa sih?" *termenung sejenak* yaa lalu ia mengirim email yg isinya tenttang "apa itu ikhlas?" setelah saya baca. yaaaaaahh tulisan ini ga jauh beda sama masalah saya skrg.. saya cm ingin ikhlas melepas "kamu", mungkin setelah saya memahami tulisan ini, saya bisa ikhlas..

Hati – hati ah sama kegelisahan kamu skarang, itu bisa bikin kamu semakin jauh dari semua yang kamu pengen. Be careful.

Sa..Sss...saya… saya hanya kecewa. Terhadap masalah yang lagi – lagi tidak saya mengerti. Sampai kesal sama diri saya sendiri. Apa sebenarnya yang saya inginkan?


Kecewa emang cuman ke satu orang, tapi itu malah bikin kamu kecewa ama diri kamu sendiri kan? C’mon …. U don’t have to punish urself like that. Ur waaaaaaaayy better than this I’m sure. Sayang sekali kamu nutupin realita yang ada dengan kacamata kamu yang lagi buram. Pemandangan seindah apapun gak akan terasa indah kalo kita tutup mata kita dengan kacamata yang buram. Ayolah. Bangkit dong !!!!! :D. Bangkit. Buka kacamata mu. Tinggalkan semua resah kamu dan mulai berdiri lagi . Let’s go!!!! C’mon…c’mon..


Ugh. Mau. Jelas mau. Pengen banget bangkit. Pastinya harus bangkit. Tapi kenapa godaannya berat banget ya? Selalu saja masalah itu muncul lagi.


Kunci pertama yang harus dipegang buat ngehadepin semua masalah kan kamu juga tau tuh padahal,,, secara muslim yang jauh lebih baik dari aku pasti kamu lebih sangup buat ngejalaninnya. Kunci utama tuh kan kita musti “ikhlas” dulu … atas semua sakit hati yang harus kita dapet….. Ikhlas. Ikhlas ketika kita mendapatkan masalah. Ikhlas lagi ikhlas ketika masalah tersebut kembali. Lalu ikhlas lagi lagi ikhlas ketika kita masih sulit melupakan rasa sakitnya …. Intinya adalah... Ikhlas! Setelah bisa ikhlas… Berikutnya… Tabah dan sabar… Tabah buat ngejalanin lagi langkah berikutnya sabar buat terus melangkah cari hikmahnya. Tabah untuk meninggalkan semua memori indah yang sebenernya nyakitin… Sabar ketika kita tau harus melangkah walau masih terasa sulit untuk meninggalkan. Sejauh ini, aku “rasain” masalah kamu bisa cukup terjawab kok dengan menjalani prosedur standart seperti cara yang aku bilang barusan itu.


Saya diam. Hanya bisa terdiam. Diam - diam pikiran ikut bekerja. Berpikir. Mencerna. Coba mengerti. Ikhlas. Semua orang rasanya pernah menyebut kata ikhlas. Buku. Blog. Film. Saya selama ini juga berusaha untuk selalu ikhlas. Tapi apa iya saya sudah bisa benar - benar ikhlas ya? Apa itu ikhlas?


Well, aku juga ngerti kok emang g pernah gampang buat bisa ikhlas. Ngejalanin yang namanya ikhlas itu miliaran kali lipat beratnya ketimbang ngucapinnya. But basically … Tapi pada dasarnya… Itu adalah kunci utamanya buat beranjak dari tempat duduk bau kita itu . Makanya walau sulit tapi y udah musti dijalanin. Dan saat berusaha ikhlas kamu bisa memanfaatkan sebuah fasilitas dari Tuhanmu itu yang disebut “sahabat”. Gunakan mereka sebagai tempat kamu curhat, nyender, main2, sharing bahkan tuntunan kamu… Itu adalah fasilitas yang dibuat special buat orang2 baik.


Orang - orang baik? Fasilitas?


Dengan kamu niatkan untuk ikhlas, Insya Allah kamu bisa nyampe kok ke tahap “ikhlas” yang sebener2nya.


Hm.

Menghindar dari semua sahabat. Bukan seperti itu caranya. Itulah yang aku bilang kamu musti lepasin dulu kaca mata kotor kamu, karena dengan keindahan yang ditawarin temen2 kamu itu gakan bisa kamu liat selama masih pake kacamata itu.


Hah?!? Iya ya. Kamu benar. Disadari atau tidak, saya malah justru mengasingkan diri dari segala hubungan pertemanan. Ternyata saya lebih memilih menghindar.


Kufur nikmat tuh Tuhan pun bisa marah kan?!? Sahabat adalah nikmat yang harus kau nikmati juga sebenernya. Bukan kamu hindari. Makanya balik lagi gih. Lepasin dong kacamata kotormu hihihihihi.. udah tuh ah dada sesek banget kyknya… Jangan sedih – sedih lagi yaaaahhhh..

Hey... tunggu! Bagaimana kamu bisa tau semua ini?


Karena aku...
aku adalah kamu.

Aku ....
Suara hatimu …
;)

tuhaaann.. saya ingin BANGKIT!